Pages

Subscribe:

Kesemutan / pins and needles

Picture
Pendahuluan
Istilah kesemutan hanya ada di Indonesia, Malaysia, dan Brunei; sementara dalam bahasa Inggris istilahnya adalah pins and needles.  Diberi istilah demikian karena memang rasanya seperti ditusuk ratusan jarum atau seperti digigit ratusan semut.  Kalau dalam istilah kedokteran adalah paresthesia. Istilah paresthesia ini menjelaskan bahwa antara kesemutan dan kebas atau baal terjadi karena mekanisme yang sama. Paresthesia terjadi karena adanya hambatan dari syaraf atau hambatan dari pembuluh darah yang mensuplai darah ke syaraf.  Bila hambatannya tidak terlalu kuat, terjadi kesemutan; namun bila kuat akan terjadi kebas. 

Fakta Tentang Kesemutan
  • Semua orang pernah mengalaminya.
  • Kesemutan bukan merupakan suatu kedaruratan medis, tapi dapat menjadi tanda dari suatu kondisi medis yang berbahaya.
  • Dapat terjadi di seluruh permukaan tubuh manusia yang memiliki syaraf.
  • Biasanya terjadi untuk waktu singkat, tapi dapat juga bertahan hingga berhari-hari.
  • Perempuan lebih sering mengeluh kesemutan di kaki karena sering memakai sepatu yang sempit atau hak tinggi.
  • Makin tua, kasus kesemutan akan semakin sering dirasakan, karena biasanya timbul kondisi-kondisi yang dapat menstimulasi terjadinya kesemutan.

Picture
Dengarkan rekaman radio talk show untuk topik ini; klik di sini.

Proses Terjadinya Kesemutan
Kesemutan terjadi karena adanya hambatan pada hantaran pesan oleh syaraf ke otak. Sensasi normal hilang saat adanya hambatan tersebut sehingga dapat terjadi kebas atau baal.  Saat hambatan terlepas dan syaraf mulai mengirim pesan lagi ke otak, pada saat itu lah terjadi kesemutan.  Hambatan dapat terjadi karena posisi tubuh, tapi dapat juga terjadi karena kerusakan syaraf atau masalah pada otak.  Dapat juga terjadi karena hal-hal lain yang akan kita bahas di bawah.

Penyebab-Penyebab Kesemutan

Kesemutan yang sebentar

Biasa terjadi karena posisi tubuh, tungkai, kaki, lengan, atau tangan sedemikian rupa sehingga terjadi penekanan pada daerah tertentu.  Kesemutan akan hilang bila posisi tubuh diperbaiki. Dapat juga terjadi kesemutan di sekitar bibir saat hiperventilasi, yang akan hilang bila nafas kembali normal.

Kesemutan yang lama
  1. Terjadi pada kasus jepitan syaraf pada ruas tulang punggung karena masalah pada tulang punggung. Kesemutan akan terasa distal dari jepitan. Misal jepitan di daerah leher, maka kesemutan dapat terjadi di leher, bahu, lengan tangan sampai dengan jari.
  2. Sciatica. Tungkai dan kaki dipersyarafi oleh syaraf sciatica yang keluar dari ruas tulang punggung. Bila terjadi jepitan akan menyebabkan kesemutan dari pantat, paha, sampai ke ujung jari kaki.
  3. Carpal tunnel syndrome. Jepitan syaraf pada terowongan carpal di pergelangan tangan. Kesemutan dapat terjadi dari pergelangan tangan hingga ke ujung jari.
  4. Kencing Manis. DM dapat merusak pembuluh darah kapiler yang mensuplai darah ke syaraf pada jari tangan atau kaki. Maka kesemutan dapat terjadi pada jari-jari tersebut yang disebut dengan peripheral neuropathy.
  5. Penyakit syaraf. Termasuk di dalamnya stroke, multiple sclerosis, dan tumor otak. Kondisi ini dapat merusak syaraf dan menimbulkan kesemutan.
  6. Pengaruh obat-obatan. Termasuk di dalamnya obat-obat chemotherapy, antiretroviral (obat HIV) dan metronidazole.
  7. Trauma. Bila trauma menyebabkan kerusakan pada ujung syaraf, maka akan dirasakan kesemutan di daerah yang terkena.
  8. Neuritis. Peradangan yang terjadi pada syaraf yang biasanya disebabkan oleh konsumsi alkohol, zat-zat berbahaya dalam asap rokok, infeksi oleh virus atau bakteri, dan anemia defisiensi vitamin B12.
Picture
Kapan Mencari Pertolongan Medis
  1. Bila terjadi kesemutan, tapi Anda merasa tidak menekan bagian tubuh tertentu.
  2. Bila kesemutan sangat sering dirasakan, atau selalu hilang timbul.
  3. Bila intensitas kesemutan terasa makin lama makin kuat.


Pemeriksaan Penunjang Diagnosis
  1. Pemeriksaan darah untuk melihat ada tidaknya diabetes dan anemia defisiensi B12.
  2. Pemeriksaan jantung dan sistem syaraf.

Penanganan Kesemutan

Akan sangat tergantung dari penyebab terjadinya kesemutan.

Dilakukan Sendiri
  • Bila karena ada bagian tubuh yang terhimpit sebelum terjadi kesemutan, maka coba lah untuk memperbaiki posisi tubuh, atau longgarkan pakaian dan sepatu Anda.
  • Bila terjadi di tangan atau kaki, kibaskan tangan atau kaki tersebut. Serta dapat dilakukan pijatan-pijatan pada daerah yang kesemutan.
  • Bila sedang mengendarai kendaraan, cobalah untuk menepi, keluar dari kendaraan, perbaiki posisi tubuh dan lakukan gerakan-gerakan senam ringan.
  • Bila karena suatu kondisi medis seperti di atas. Istirahat adalah tindakan yang bijaksana untuk mengurangi beban pada bagian tubuh yang sedang bermasalah.
  • Bila karena suatu penyakit, maka yang harus dilakukan adalah menangani penyakit tersebut semaksimal mungkin sesuai anjuran dokter.
  • Dapat mengkonsumsi obat-obatan anti-inflamasi yang dijual bebas.

Dilakukan Dokter
  • Dokter akan meminta Anda untuk lebih banyak mengistirahatkan bagian tubuh yang sering terjadi kesemutan.
  • Mungkin juga untuk dianjurkan untuk menjalani Fisioterapi bila penyebabnya dapat ditangani dengan Fisioterapi.
  • Memberikan obat anti-inflamasi untuk mengurangi keluhan terutama untuk kesemutan yang kronis.
  • Melakukan operasi pada kasus kesemutan yang disebabkan oleh jepitan syaraf seperti carpal tunnel syndrome, sciatica, dll., bila sudah tidak ada kemajuan ditangani dengan cara non operatif.

Pencegahan Kesemutan

  1. Bila terjadi karena suatu kondisi medis dan penyakit, maka jalankanlah segala sesuatu sesuai anjuran dokter.
  2. Bila Anda sering terkena kesemutan, dan sudah dipastikan tidak ada penyakit khusus yang menyebabkannya, cobalah untuk rajin melakukan senam seperti yoga atau Pilates.
  3. Kurangi resiko masalah tulang punggung dengan menghindari mengangkat beban berat melebihi kebiasaan Anda dan perbaiki postur tubuh Anda saat duduk.
  4. Hindari gerakan-gerakan berulang.
  5. Beristirahatlah bila Anda sudah merasa lelah.
  6. Hindari konsumsi alkohol.
  7. Berhenti merokok dan jauhi asap rokok orang lain.
  8. Sempurnakan diet Anda agar tidak terjadi defisiensi vitamin B12 atau minum suplemen vitamin secara rutin.

2 comments:

liseum said...

Yang butuh herbal penyembuh diabetes secara cepat silakan hub kami di chasiapro@gmail.com atau 082136712513 Siap kirim ke seluruh Indonesia. @Trims Prabowo Jogja

Revan Istian said...

Muantappp.

Post a Comment